Tak terasa semester ganjil akan segera habis, UAS pun sudah diambang pintu. Nah, kali ini kami akan berikan TIPS Menghadapi UAS dan cara belajar efektif saat ujian. Ujian Akhir Sekolah (UAS) memang menjadi momok tersendiri bagi sebagian siswa, terutama mereka yang jarang belajar. Segala usaha pun akan mereka lakukan, mulai dari mencari strategi mencontek, hingga membuat contekan di kertas. Tentulah hal ini tidaklah perlu dilakukan jika kita paham akan materi yang diajarkan bapak/ibu guru. Disini akan kami bagikan tips menghadapi UAS dan bagaimana sih cara belajar yang efektif ketika hendak ujian? silahkan simak berikut ini :

Cara belajar saat ujian

Langkah awal dalam menghadapi uas adalah :

1. BACA..!!
Usahakan dari jauh-jauh hari kita sering baca buku terlebih dahulu,ingat kita dituntut baca aja dulu bukan untuk menghapal.Karena kalau semakin sering kita membaca maka semakin kita hapal dengan materi-materi tersebut.

2. LATIhAN SOAL..!!
Latih kemampuan kita dengan mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan yang tersedia dibuku yang kita pelajari tadi.

3. TERUS BERLATIH DAN BERTANYA..!!
Uji terus kemampuan dengan soal-soal sampai anda bisa dalam menjawab pertanyaan-pertanyaannya,kalau anda menghadapi kesulitan dalam menjawabnya,jangan takut untuk bertanya kepada guru mata pelajarannya.

Setelah anda melakukan langkah awal tersebut diatas kini saatnya mulai menyusun strategi atau cara belajar yang efektif saat hendak ujian, tentunya sesuai dengan gaya belajar kamu.

1. Yakinkan diri anda bahwa anda adalah orang yang terbaik dikelas anda dan anda siap untuk menjawab soal-soal dengan mudah. dan Jauhkan fikiran dan keinginan untuk Mencontek.

2. Jika kamu memperhatikan dengan seksama dan teliti di kelas, Guru kamu pasti pernah menyebutkan kalimat atau kata-kata yang berhubungan dengan Ulangan akhir yang kamu hadapi nanti. Kamu harus mencatat semua itu dan benar-benar mengingatnya, karena pada saat Ulangan, jika ada hal yang berhubungan dengan kalimat itu, kamu bisa langsung menyambungkannya dengan materi yang pernah kamu pelajari di kelas tersebut.

3. Ulangan Tengah Semester (UTS) dan TPM yang sudah kamu lewati bisa menjadi cermin bagi kamu bagaimana Guru kamu membuat soal-soal untuk Ujian akhir nanti, karena biasanya pola saat Guru membuat soal Ulangan tengah semester dan TPM akan sama dengan ujian, jadi kamu harus benar-benar memperhatikan apa yang di jelaskan dan yang keluar di soal-soal ujian nantinya.

3. Buatlah lembaran-lembaran untuk belajar atau lebih tepatnya rangkuman dari hasil informasi yang kamu dapat sebelum Ulangan. Dengan cara seperti ini, belajar akan lebih mudah untuk menghapal dan memahami materi-materi Ujian nanti.

4. Setelah kamu mempelajari materi yang akan diujikan, cobalah untuk bermain tanya-jawab dengan keluarga, teman, atau diri kamu sendiri tentang materi tersebut. Kamu atau mereka bisa memegang lembar jawabannya, dan mintalah untuk menanyakan kepada kamu secara acak. Mereka juga bisa memberi sebuah ‘clue’ jika kamu benar-benar lupa. Jangan lupa diberi nilai dari setiap point yang ditanyakan, dan akan terlihat kira-kira materi apa yang masih kurang kamu kuasai.

Nah sekarang langkah terakhir adalah kiat saat menghadapi UAS di hari H.

1. Sekali lagi yakinkan diri kamu bahwa kamu bisa.
2. Berdoalah kepada tuhan agar diberi kelancaran dalam mengerjakan soal-soal.
3. Tetap rileks, tenang dan jangan tegang.
4. Review dulu soal-soal yang akan kamu kerjakan, baca baik-baik dengan teliti.
5. Kerjakan yag mudah terlebih dahulu, yang menurut kamu bisa dengan cepat kamu kerjakan.
6. Setelah selesai mengerjakan, teliti lagi dan periksa kembali pekerjaanmu.

Setelah anda membaca tips menghadapi UAS dan cara belajar efektif dan efisien saat akan menghadapi ujian diatas, harapan saya anda akan dengan sangat mudah dan sukses melalui UAS. Tentunya dengan nilai terbaik dan memuaskan.